10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

mmccardgaming | SD card digunakan untuk menyimpan data pada perangkat perekam, seperti kamera digital, kamera DSLR, mirrorless, CCTV, dan voice recorder. Biasanya jenis file yang disimpan di SD card adalah foto, video, dan audio.

 
Saat ini Anda bisa menemukan banyak merek SD card yang bagus di pasaran, seperti Sandisk, Lexar, dan Transcend. Kapasitas produknya pun beragam, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 1 TB. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta berbagi rekomendasi SD card. Bacalah artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan SD card terbaik!



Apa perbedaan SD card, microSD, dan miniSD?

Sebelum memilih SD card, Anda perlu memahami perbedaan antara SD card, microSD, dan miniSD. Hal ini karena saat menuliskan "SD card" di kolom pencarian marketplace, produk jenis microSD dan miniSD juga akan muncul. Perlu diketahui, dua produk tersebut memiliki ukuran yang berbeda dari SD card.


SD card adalah kartu memori game yang ukurannya paling besar. Produknya berukuran 24 mm x 32 mm x 2,1 mm. Jenis memory card ini biasanya digunakan pada kamera digital, kamera mirrorless, kamera DSLR, drone, dan peralatan elektronik besar lainnya.


Sementara itu, miniSD berukuran 20 mm x 21,5 mm, x 1,4 mm. Jenis kartu memori ini sebelumnya digunakan pada smartphone. Namun, saat ini miniSD untuk smartphone digantikan microSD yang berukuran 11 mm x 15 mm x 1 mm. Berbagai perangkat elektronik lain juga menggunakannya, seperti tablet, kamera digital, dan action cam.

Cara memilih SD card
Kami akan mengulas hal-hal penting yang perlu diketahui sebelum Anda memilih SD card. Jadi, bacalah tiap-tiap poin berikut dengan saksama untuk menemukan SD card yang Anda butuhkan.

① Pilih jenis SD card yang sesuai dengan kebutuhan Anda
SD card terdiri dari tiga jenis, yakni SD card, SDHC, dan SDXC. Setiap jenis kartu SD memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, Anda perlu menyesuaikan tujuan penggunaan Anda dengan jenis SD card dan spesifikasi yang ada.

SD card, kapasitas kecil dengan kompatibilitas tinggi
Jenis SD card ini memiliki kapasitas memori yang kecil, maksimal 2 GB. Meski begitu, kartu SD ini memiliki kompatibilitas yang tinggi dan bisa digunakan pada kamera digital lama. Selain itu, harganya lebih terjangkau sehingga Anda tetap bisa berhemat saat membeli kartu baru bila kapasitasnya habis. Jenis memory card ini juga bisa dijadikan sebagai media penyimpan foto koleksi Anda.

SDHC, performa tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan
SDHC memiliki kapasitas yang lebih besar dari SD card, yakni antara 4 GB hingga 32 GB. Performa jenis SD card dengan harga terjangkau ini juga lebih baik. SDHC merupakan standar kartu SD yang digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi. Anda dapat memotret banyak foto dan merekam video dengan satu kartu SDHC saja.


Biasanya perekaman video membutuhkan kapasitas memori yang besar sehingga menggunakan SD card saja tidak cukup. Maka dari itu, SDHC cocok untuk Anda yang akan merekam video Full HD yang resolusinya tinggi. Karena memiliki kapasitas terbatas, jangan lupa untuk memindahkan file jenis memory card ini ke PC, ya!

SDXC, nyaman dipakai pada kamera SLR dan perekaman video
SDXC memiliki kapasitas yang paling besar, yakni di atas 32 GB. Bahkan, ada SDXC dengan kapasitas 1 TB, lho. Jenis memory card ini biasa digunakan untuk pemotretan foto beresolusi tinggi dan perekaman video dalam waktu yang lama. 


Dari sisi harganya, jenis SD card ini cenderung tinggi sehingga akan lebih cocok digunakan oleh para profesional. Jika hanya digunakan untuk keperluan foto harian, spesifikasi kartu SD ini dirasa terlalu berlebihan.

② Periksa hal-hal yang memengaruhi performa SD card
Ada tiga hal yang dapat menunjukkan performa SD card, yakni speed class, writing speed, dan reading speed. Tiga hal ini menunjukkan kemampuan kartu SD di bagian yang berbeda-beda. Mari simak detail pembahasan setiap poinnya di bawah ini!

Speed class, dibutuhkan untuk kebutuhan merekam video
Speed class menunjukkan kecepatan transfer minimum pada SD card saat merekam video. Kartu SD dengan speed class yang tinggi membuat proses shooting jadi lancar sehingga menghasilkan kualitas gambar yang baik. Anda pun tidak perlu khawatir akan ada frame yang rusak.


Ada tiga jenis speed class SD card, yakni SD speed class (C), UHS speed class (U), dan video speed class (V). Makin tinggi angkanya, makin tinggi juga kecepatan transfernya sehingga video yang direkam jadi makin halus. Apabila Anda hendak merekam video Full HD ke atas, pilihlah produk dengan SD speed class 10. Spesifikasi video speed class V90 juga bisa dipilih.

Writing speed, perlu diselaraskan dengan kecepatan perangkat
Jika Anda sering memotret di brust mode, pastikan SD card yang Anda gunakan memiliki nilai writing speed yang tinggi. Shutter kamera mungkin tak bisa dilepaskan bila Anda menggunakan kartu SD dengan writing speed yang lambat. Hal ini dapat menyebabkan hasil foto yang blank. Alhasil, Anda tidak bisa menangkap momen penting dengan burst mode.


Writing speed pada SD card penting untuk Anda yang memotret objek bergerak, seperti pertandingan, anak-anak, atau kereta api. Umumnya writing speed atau kecepatan tulis data pada kartu SD adalah 30 MB/s. Nilai writing speed ini dinilai cukup untuk fotografi. Namun, Anda bisa menggunakan SD card dengan nilai writing speed di atasnya untuk kebutuhan profesional.


Selain itu, periksa kecepatan minimum yang tertera pada manual dan spesifikasi kamera Anda. Pilihlah produk dengan writing speed yang memenuhi kecepatan minimum pada kamera yang Anda miliki. Dengan begitu, konfigurasi antara kamera dan SD card bisa berjalan dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal-Hal Tentang Video Game yang Mungkin Enggak Diketahui Oleh Bocil Zaman Sekarang

Mengenal Memory Card dan Cara Memperbaiki Data Penuh

Bermain video game dapat memberikan pembelajaran, kesehatan, manfaat sosial, temuan ulasan